Tugu Payan Emas

Tugu Payan Emas
Payan atau Tombak merupakan senjata asli orang lampung khususnya suku Abung

Minggu, 18 Maret 2012

Silsilah Buay Nunyai , Abung Siwo Migo

Silsilah Buay Nunyai

10 komentar:

  1. Assalam, Pak tihang Jaya A.K.A Ratu Asal... Apa kabar pak? dilihat dari silsilahnya, ada nama "Umpu Setungau"... Di Waylima ada nama Buay Tungau di Marga Limau tepatnya di Gunung terang (Gunung Sugih ) Bulok Tanggamus yang merupakan keturunan Umpu Setungau... Dilihat secara keseluruhan, berarti kita semua orang lampung baik yang beradat pepadun maupun sai batin dari satu keturunan (Sai Umpu)... Terutama silsilahnya bertemu dengan Puyang Rakihan Sakti... Wslm..

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalam pak Akkuan.
    Ya begitulah kita ini sudah saling berasimilasi campur2 bisa dibilang sudah tidak ada lagi yg satu galur murni. Jadi kalau di telusuri akan berakhir dibeberapa nama puyang saja.
    Salam wari...

    BalasHapus
  3. Betul sekali pak. Oh ya, apakah bapak tahu nama lain dari "Umpu Sapu jagad"? Sepertinya saya pernah membaca ada nama Umpu Sapu Jagad sebagai nama lain dari Umpu/Puyang ..... Tapi saya lupa nama puyang tersebut siapa?!

    Selain itu nama Minak Penatih Tuho dan Minak Rio Demung Latcho apakah sama dengan nama Minak Patih Tuha dan Minak Demang Lanca yang menurunkan Lampung Pubian..?

    BalasHapus
  4. Wah saya belum tau pak Akkuan.
    Mengenai itu mungkin hanya kemiripan nama saja ya tapi pubian telu suku merupakan salah satu sumbay dari orang abung, hal ini tidak terlepas dari pengaruh Minak peduka begeduh waktu di canguk gatcak dalam merangkul hubungan kekerabatan baik secara adopsi maupun perkawinan, ini jg terlihat dari sistem adatnya yg mengadopsi adat pepadun.

    BalasHapus
  5. good...
    kekuatan dan kekerabatan yg luar biasa..

    BalasHapus
  6. ass. salam kemuakhian pak tihang, tabik puun... sijo wat cutik masukan mungkin bermanfaat dan perlu dikaji, sikam wat cutik data ttg tambahan silsilah dunggak, mungkin kham dapek sharing di facebook atau media lain, salam

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum.tabik puun.... Saya mau bertanya, kalau yg berkembang di kampung gunung batin lampung tengah, dr jalur silsilah yg mana? Terimo kaseh

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum,tabik puuuunn....pak tulung guwai silsilah buay subing abung siwo migo,wassalamualaikum,terimo kasih

    BalasHapus
  9. Riwayat keturunan di atas itu ad benar ny tp sayang kok tebalik tebalik mohon perbaiki

    BalasHapus
  10. Riwayat keturunan di atas itu ad benar ny tp sayang kok tebalik tebalik mohon perbaiki

    BalasHapus